Senin, 02 November 2015

Resep Mandu

0

Mandu (만두) 

Mandu adalah jenis pangsit yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Mandu adalah jenis masakan yang berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397).


Pada saat ini mandu dimakan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal atau tahun baru Imlek.Adonan mandu dibuat dengan cara dilipat untuk membuat kulit yang diisi berbagai macam bahan, antara lain daging, sayuran, jamur, tahu dan sebagainya.

Metode membuat mandu bermacam-macam antara lain ada yang direbus dalam sup kaldu (jangguk) yang panas, dikukus, digoreng atau dinikmati dalam kuah kaldu dingin.

Bentuk mandu ada bermacam-macam antara lain bulat, setengah bulat, persegi, lonjong dan setiap daerah memiliki cara memasak dan variasi yang lebih banyak lagi.Jika dimakan dengan sup kaldu maka dinamakan mandutguk (sup mandu).

Kali ini, saya akan membahas cara membuat mandu yang praktis dengan bahan yang mudah di dapatkan di supermarket terdekat. 

Bahan-bahan


50 lembar kulit pangsit
300g daging cincang, bisa diganti dengan kornet atau sosis cincang
400g tauge
150g bihun
150g kimchi (opsional)
2 sdm daun bawang dicincang halus
2 sdm bawang putih dicincang halus
300g tahu
2 butir telur
sedikit garam dan lada



Cara Membuat

1. Bihun direbus dalam air
2. Potong bahan-bahan lain dengan halus
3. Campurkan semua bahan itu bersama dengan telur
4. Bumbui dengan garam dan lada
5. Ambillah 1 sdm campuran adonan tadi dan taruh di tengah kulit pangsit lalu dilipat menjadi berbentuk bulan sabit. Rapatkan ujung-ujung mandu berbentuk sabit itu
6. Kukuslah Mandu di dalam panci khusus tim dengan dialasi kain kasa sampai kulit pangsit menjadi terlihat bening
7. Sajikan dalam keadaan hangat


Mandu siap disantap! Bagi anda yang lebih suka digoreng, mandu juga renyah apabila digoreng namun pastikan mandu digoreng dengan api sedang agar isian mandu matang merata.

(ref : world.kbs.co.kr )


Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com